Sabtu, 02 Maret 2013

Salib Suci (Pelindung Paroki Ngabang)

“SALIB SUCI”

 (Nama Pelindung Paroki Ngabang) 

 “SALIB SUCI” merupakan nama pelindung PAROKI NGABANG. Gereja merayakan Pesta “Salib Suci” sebagai “the triumph of the cross”(Kemenangan SalibI. Perayaan ini berasal dari tradisi yang sudah tua, yakni penemuan tiga salib-salah satunya diyakini salib Yesus-dibukit Kalvari pada tahun 326. Penemuan ini bermula dari keinginan Santa Helena (ibu dari kaisar Constantinus) untuk menemukan salib Yesus. Terdorong oleh keinginannya yang kuat, dia mengadakan peziarahan ke Yerusalem dan mengorganisir penggalian di bukit Kalvari. Para penggali menemukan tiga salib, tetapi mereka tak bisa menentukan yang mana salib Yesus dan yang mana salib kedua penjahat yang disalibakan bersama Yesus. Akhirnya mereka mendapat ide yang cermelang. Mereka membawa seorang wanita yang sakit dan satu mayat yang siap untuk dikuburkan. Ketiga salib tersebut diletakkan satu demi satu di atas wanita yang sakit dan mayat tersebut. Dua salib yang pertama tidak memiliki kekuatan apa-apa. Semntara ketika salib yang ketiga ditempatkan di atas wanita yang sakit tersebut, wanita itu segera sembuh. Dan ketika salib itu ditempatkan di atas mayat tersebut, ia hidup kembali.

 Dari dua kejadian luar biasa ini maka mereka dengan segera mengetahui salib yang mana yang suci. Berita langsung tersebar luas. Orang-orang datang menghormati salib suci itu. Di lokasi penemuan salib itu dibangun gereja besar dan loka gereja itu merupakan tempat “tersuci” untuk semua orang Kristen. Salib tersebut diyakini ditemukan pada tanggal 14 september 326. Sejak saat itu perayaan Salib Suci sudah menjadi kegiatan rutin Gereja Timur. Perayaan kemudian menjadi bagian dari liturgy Gereja Barat pada abad ke tujuh.


by:vhie khan(novi hariyanti)

Ditulis Oleh : Putra Putri Altar ~ PPA Ngabang

Anda sedang membaca sebuah artikel yang berjudul Salib Suci (Pelindung Paroki Ngabang),, Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda ....Jangan lupa komentar dan like dari anda..::..Kembali lagi di blog ini ya !!! Terima Kasih

:: Thank you for visiting ! ::

1 komentar:

John Ariyo mengatakan...

ditunggu artikel berikutnya ya...yang lebih menginspirasi lagi. Berkat Tuhan.

Poskan Komentar

 
;