Jumat, 08 Maret 2013

Paroki "SALIB SUCI" Ngabang

para sahabat santo Tarsisius yang kami kasihi sebuah pepatah berbunyi : "tak kenal, maka tak sayang". yukk mari mengenal Paroki kami..

Empat tahun setelah Wilayah Ngabang resmi berdiri sendiri, Pastoran yang masih sangat darurat ditempati selama lima tahun sampai tahun 1977 baru didirikan pastoran baru. Pada tahun yang sama juga gedung gereja dibangun. Susteran belum ada, kecuali sebidang tanah yang sudah dipersiapkan untuk susteran dan asrama. tanggal 15 juli 1978 Ngabang, resmi menjadi Paroki tersendiri.

Stasi Ladangan Pal 20 yang terdiri dari 11 kampung yang merupakan wilayah paroki Pahauman, tahun 1982 masuk ke paroki Ngabang. Melihat perkembangan umat Ngabang dan kampung-kampung sekitar cukup pesat, mulailah terpikir untuk membangun gedung Gereja baru yang lebih layak dan Respresentative. Walaupun pada tahun 1997 terjadi kerusuhan antar etnis Madura dan Dayak, tidak menyurutkan semangat umat dan Pastor Yakob Willi OFMCap untuk mempunyai gedung gereja baru. Sehingga dengan kerja keras umat paroki Ngabang, para donatur serta pastor, tepat pada tahun1998 gedung Gereja "Salib SUci" Ngabang diresmikan dan diberkati oleh Uskup Agung Pontianak, Mgr. Hieronimus Bumbun, OFMCap.

Seiring berjalannya waktu, jumlah umat Paroki Ngabang semakin bertambah, hal ini tentu saja membuat pelayanan pastoral semakin padat dan meningkat, maka pada tahun 2003 Paroki Ngabang Serimbu di mekarkan menajdi 2 paroki yaitu : Paroki Ngabang dan Paroki Serimbu. Serimbu menjadi Paroki baru dengan nama pelindung paroki, "St.Yohanes Maria Vianney". Paroki Serimbu dilayani oleh para imam Projo. Sedangkan Paroki Ngabang sendiri nama pelindungnya tetap "Salib Suci" dan dilayani oleh imam Kapusin sampai sekarang.

 

writer :novi

sumber :buku paroki

Ditulis Oleh : Putra Putri Altar ~ PPA Ngabang

Anda sedang membaca sebuah artikel yang berjudul Paroki "SALIB SUCI" Ngabang,, Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda ....Jangan lupa komentar dan like dari anda..::..Kembali lagi di blog ini ya !!! Terima Kasih

:: Thank you for visiting ! ::

0 komentar:

Poskan Komentar

 
;