Jumat, 08 Maret 2013

Paroki Ngabang-Serimbu

Dengan Meningkatnya minat masyarakat untuk masuk agama Katolik, maka tahun 1968 Pastor Maturus OFMCap diundang masyarakat untuk secara resmi menyatakan,bahwa orang-orang di kampung-kampung tersebut sudah menjadi Katolik. Tanggal 8 Januari 1968 Pastor Maturus mulai memisahkan buku Permandian (LB) dan buku perkawinan (LM) dari paroki induk Pahauman.

Tahun 1969 paroki Ngabang-Serimbu memisahkan diri dari paroki Pahauman yang saat itu disebut stasi Ngabang. Pada tahun 1969 stasi Ngabang yang berpusat di Ngabang meliputi seluruh kecamatan Air Besar, Kuala Behe dan Ngabang kecuali wilayah Jelimpo,Sabgku dan wilayah Ladangan Pal 20. Sebagai tempat aktivitas Pastor, seorang umat Katolik Tionghoa bernama Liu Namsin (Pak Namsin) meminjamkan sebuah rumah di tengah pasar Ngabang untuk Pastor tinggal sekaligus tempat ibadat hari Minggu.

pada tahun 1977 dengan bantuan seorang mantan camat Pahauman bernama Gusti Mahmud, Pastor Maturus membeli sebidang tanah di belakang Kantor PD (Persatuan Dayak) bekas kuburan Tionghoa. Pada tahun 1975 di bagun pastoran dan gedung serba guna / gereja dan sebuah asrama pelajar untuk anak pedalaman yang bersekolah di SD dan SMP di Ngabang.

Antara tahun 1968 dan 1970 Pastor Maturus memberikan bantuan kepada beberapa anak pedalaman untuk melanjutkan sekolah SMP,SKKP, dan SPG ke Nyarumkop, Pusat Damai, Pahauman dan Sekadau. Pastor Maturus juga membuka beberapa sekolah SD swasta di daerah pedalaman (Mengkatang,Nahaya,Kurnia,BatuBaru,Sebadok) dengan guru-guru yang di angkat oleh Pastor Paroki. Dampak dari kegiatan karitatif/sosial di bidang pendidikan ini, semakin banyak orang yang tertarik untuk masuk agama Katolik.

Sejak berdirinya Paroki Ngabang-Serimbu di bawah pimpinan Pastor Paroki P.Yakob Willi OFMCap tahun 1979, meliputi dua kecamatan, yakni kecamatan Ngabang (173 kampung) dan kecamatan Air Besar Serimbu ( 90 kampung) pada tahun 1980 masuk ke stasi Ngabang.

 

 

writer :novi

sumber : buku paroki 

Ditulis Oleh : Unknown ~ PPA Ngabang

Anda sedang membaca sebuah artikel yang berjudul Paroki Ngabang-Serimbu,, Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda ....Jangan lupa komentar dan like dari anda..::..Kembali lagi di blog ini ya !!! Terima Kasih

:: Thank you for visiting ! ::

0 komentar:

Posting Komentar

 
;