Jumat, 08 Maret 2013

Asal Mula PAROKI NGABANG

haii sahabat-sahabat santo Tarsisius yang terkasih..

 sekarang kami akan mengenalkan kepada sahabat misdinar tentang paroki kami PAROKI NGABANG. siapa tahu teman-teman sesekali singgah di paroki kami jadi nggak asing lagi terdengar.  hehehehehe


1. Asal mula Paroki Ngabang.

sahabat terkasih menurut sejarah gereja Kalimantan pada tahun 1908, pimpinan gereja Katolik di Kalimantan Barat meminta kepada pemerintah Hindia Belanda untuk memasuki daerah Mempawah dan Landak guna membuka karya misi. Tetapi permintaan itu ditolak,alasannya tidak ada daftar nama orang yang beragama Katolik pada dua wilayah tersebut. satu tahun kemudian yakni tahun 1909 pemerintah Hidia Belanda memberi izin dan pada tahun yang sama karya misi di wilayah Landak dimulai. Sekitar tahun 1903 Pastor Amandus Van Beers OFMCap, mulai berkarya di daerah Landak dengan membuka pos misi di rumah/poliklinik seorang mantri yang beragama Katolik bernama Ringkat di daerah Belantian (Kec.Ngabang). Di samping poliklinik tersebut dibangun rumah sekolah rakyat / SR 3 tahun  dengan satu orang guru Katolik. Namun usaha misi ini kurang berhasil, karena seorang kepala Benua yang bernama Bengkarot melarang usaha misi di daerahnya. Kemudian karya misi tersebut dipindahkan ke daerah Bengkayang tahun 1934.

Pastor Casianus Reinders,OFMCap bertugas di paroki Bengkayang. Selain di Bengkayang Pastor Casianus Reinders,OFM Cap juga mengunjungi daerah Landak yakni kampung Bandung dan Pagung yang berada di daerah Landak. Sebelum perang dunia ke-2 Pastor Casianus Reinders berusaha supaya beberapa murid dari SR Sekendal (Dait) daerah Serimbu sekolah di Nyarumkop. Pada tahun 1937 SR pertama dibuka di kampung Sekendal dan gurunya bernama Antonius Dawar di bawah pimpinan Pastor Casianus Reinders. Sekitar tahun 1950 Pastor Agustinus Hendriks OFMCap membuka SD di kampung Nyari, namun pada tahun 1956 ditutup karena masyarakat tidak mampu membayar gaju guru-guru.

Sejak tahun 1950-1963, ada beberapa keluarga di wilayah Landak bersekolah di Nyarumkop,Bengkayang dan Pahauman. Hasil dari sekolah tersebut mereka menajdi guru agama Katolik di Sekendal,Sebadok dan Paku Raya. Dampak dari kunjungan guru-guru tersebut,semakin banyak orang-orang kampung yang berpendidikan dan demikian juga dengan agama semakin berkembang.

Pada Tahun 1960an di kampung Muun dan Sehe dibangun Sekolah Dasar Perum dengan guru bapak Meter dan M.Jampung, tahun 1965 bapak Maurus Paitiyadi sebagai guru di Serimbu dan beberapa tokoh agama Katolik meminta pada pihak Keuskupan Agung Pontianak seorang pastor daerah Serimbu.

Pada tahun 1965 meletusnya PKI dan pemerintah menekan masyarakat untuk memeluk satu agama tertentu. Untuk itu kebanyakan orang suku Dayak memilih agama Katolik di daerah Serimbu,kecuali daerah Sempatung,Tayan Bentiang beragama Kristen Protestan.

 

writer : novi

sumber :buku paroki

Ditulis Oleh : Unknown ~ PPA Ngabang

Anda sedang membaca sebuah artikel yang berjudul Asal Mula PAROKI NGABANG,, Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda ....Jangan lupa komentar dan like dari anda..::..Kembali lagi di blog ini ya !!! Terima Kasih

:: Thank you for visiting ! ::

0 komentar:

Posting Komentar

 
;