Kamis, 07 Maret 2013

MANFAAT DAN BUAH2 ROHANI APA YANG SAYA PEROLEH DARI SAKRAMEN EKARISTI/MISA KUDUS?


Sakramen Ekaristi adalah Sakramen keselamatan melalui mana Yesus menghubungkan Gereja dan seluruh anggotanya dengan kurban keselamatan di salib. Setiap kali kurban Ekaristi dipersembahkan, karya keselamatan Tuhan dihadirkan dan dirayakan kembali serta membuka aliran2 rahmat keselamatan bagi yang berpartisipasi di dalamnya.

Setiap orang yang setia mengikuti perayaan Ekaristi, membangun disposisi batin yang pantas, terlibat aktif dalam perayaan iman ini, pantas untuk memperoleh buah2 rohani secara melimpah, antara lain:
a. Secara rohani dan jasmani semakin dipersatukan dengan Kristus sendiri Sumber keselamatan kita.

b. Mendapat kemurahan dan belaskasihan atas dosa2 yang dapat diampuni.

c. Terpelihara hidupnya dari dosa2 berat yang mematikan.

d. Diteguhkan hidupnya oleh ikatan kasih dan perlindungan dari Allah sendiri melalui PuteraNya.

e. Semakin diteguhkan persatuan hidupnya dalam Gereja sebagai tubuh mistik Kristus.

f. Menjadi sarana untuk mengekspresikan hidup imannya dalam keterlibatan aktif pada pelayanan di sekitar Altar, dan memperdalam penghayatan imannya dalam interaksi dengan sesama umat beriman.

g. Karena di dalam liturgi perayaan Ekaristi kita berdoa bersama seluruh umat beriman, bagi umat beriman, dan atas nama umat beriman; maka setiap participant dalam perayaan kudus ini senantiasa didoakan hidupnya oleh Gereja Kudus. Ingatlah bahwa ‘Gereja’ sebagai “Umat Allah yang Kudus” bukan hanya mereka yang secara jasmani kelihatan hadir di dunia, melainkan juga mereka para kudus, para suci dan himpunan orang2 beriman-termasuk sanak keluarga kita yang telah berpulang yang sudah dipersatukan dalam keabadian, turut mendoakan kita yang hadir.

h. ….dan setiap orang secara pribadi, tentu mengalami sendiri buah2 rahmat keselamatan lainnya yang mengalir secara melimpah dari perayaan iman yang kudus ini.

Tentu saja buah2 keselamatan itu tidak datang secara otomatis setiap kali kita ikut menghadiri perayaan Ekaristi. Dibutuhkan persiapan diri yang pantas dan partisipasi aktif di dalamnya agar buah2 rahmat itu hadir dan bekerja di dalam diri kita. Ibaratnya gereja itu tempat di mana anda bisa mengambil air keselamatan dari keran2 yang tersedia; bagaimana anda bisa membawa air itu pulang jika anda tidak mempersiapkan diri membawa botol atau wadah lainnya untuk menampung air keselamatan itu?

Begitu pentingnya Sakramen Ekaristi ini sebagai puncak hidup iman kita; maka pada saatnya nanti kita akan membahas secara lebih khusus tentang persiapan2jasmani dan rohani, doa2 sebelum misa, pada waktu misa kudus, dan sesudah misa selesai. Setidaknya kita perlu mengetahui hal2 tersebut agar setiap kehadiran kita dalam perayaan Ekaristi/Misa Kudus semakin menghasilkan buah2 keselamatan. Tentunya pembahasan itu akan kita mulai sesudah kita menyelesaikan pendalaman kita tentang ketujuh Sakramen dan buah2nya bagi kehidupan kita.
Salam hangat, P.Christianus Hendrik SCJ, South Dakota-USA

sumber : facebook seputar liturgi dan perayaan ekaristi gereja katolik indonesia

Ditulis Oleh : Unknown ~ PPA Ngabang

Anda sedang membaca sebuah artikel yang berjudul MANFAAT DAN BUAH2 ROHANI APA YANG SAYA PEROLEH DARI SAKRAMEN EKARISTI/MISA KUDUS?,, Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda ....Jangan lupa komentar dan like dari anda..::..Kembali lagi di blog ini ya !!! Terima Kasih

:: Thank you for visiting ! ::

0 komentar:

Posting Komentar

 
;